Tuesday 10 April 2012

Repair Memory Card


 


Bagi anda yang suka beraktivitas tentu sangat membutuhkan kartu memory, sebagai data penyimpanan pribadi sobat semua. Baik itu file dokumen, musik Mp3, Game, Applikasi, Video bahkan software collections. Tapi jika kemudian memory tersebut rusak sedang data-data penting anda belum di back-up tentu sangatlah menyebalkan. Kartu memori tergolong barang yang mudah rusak. Banyak faktor penyebabnya. Panas yang berlebih, pengaruh medan magnet yang kuat, kerusakan fisik karena kesalahan waktu mencabut atau memasukkannya ke slot memori, adalah diantaranya.
Kerusakan kartu memori juga bisa disebabkan karena sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain. Misal, kartu MMC ponsel Anda juga sering dipasangkan pada kamera digital, Mini Speaker or tukar pasang dari hp ke hp lainnya. Kerusakan pada kartu memori diistilahkan memori corrupt. Kerusakan ini bisa  terjadi kareana Hardware atau perangkat keras Memory itu sendiri, misal patah aus, dsb, tingkat kerusakan seperti ini memang tergolong sulit dan hampir jarang berhasil di perbaiki karena memory card merupakan storage sederhana yang hanya merupakan kepingan tembaga yang dibungkus bahan plastik padat hingga rentan dan mudah rusak jika penggunaanya tidak hati2 dan cermat. Tips dan trik kali ini memfokuskan perbaikan memory card yang disebabkan oleh  rusaknya sistem file/software system (bukan kerusakan fisik) ciri-cirinya, memorinya tidak terdeteksi, atau terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka, untuk kasus seperti ini sobat  boleh berharap besar memory cardnya bisa diatasi, dengan bantuan perangkat PC dan cardreader tentunya.
Perhatikan Langkah-langkah berikut untuk memperbaiki Memory card anda, Menggunakan card reader yang terhubung ke PC. Caranya, Format Lewat menu Windows Explorer:
  1. Cabut kartu memori dari ponsel, masukkan ke memori card reader. Perhatikan : jangan sembarangan mencabut memori dari ponsel. Khususnya pada ponsel dengan slot memori hotswap seperti pada N70, gunakan menu “Remove Memory” untuk mencabut memori ketika ponsel aktif. Untuk ponsel tanpa menu “Remove Memory”, sebaiknya nonaktifkan ponsel terlebih dahulu.
  2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksploler), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih sistim format file FAT.
  3. Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai. Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command link.
Format lewat Command line
  1. Di PC, klik ‘start’ > Run, dan ketik CMD. Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
  2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
  3. Tunggu hingga selesai.
Jika langkah diatas telah dilakukan dan belum berhasil besar kemungkinan kerusakan yang terjadi pada memorycard sobat  adalah kerusakan hardware..,, so relakanlah atau ga ada salah nya mengingat2...,, siapa tahu masih dalam masa garansi???.., yang jelas lebih baik mencoba dari pada ga ada usaha..,, hehe.Selamat berkarya!!

No comments:

Post a Comment