Saturday 15 October 2011

Pendiri Apple Inc, Steve Jobs. Meninggal

Wednesday, 12 October 2011

Jobs Meninggal Akibat Gagal Napas            
 
SAN FRANCISCO – Penyebab kematian mendiang pendiri Apple Inc, Steve Jobs, akhirnya terkuak. Sosok visioner yang menjadi ikon perubahan itu meninggal dunia akibat gagal napas yang disebabkan tumor pankreas yang dideritanya.

Jobs meninggal pada Rabu (5/10) lalu di kediamannya,Palo Alto,California,Amerika Serikat (AS), pukul 03.00 waktu setempat. Saat mengembuskan napas terakhir, pria yang disebut turut mengubah dunia ini didampingi istri dan keluarganya. Dia telah dimakamkan pada Jumat (7/10) lalu di sebuah pemakaman lokal tanpa tanda.

Menurut surat keterangan kematian yang dikutip media massa, tidak ada autopsi dilakukan terhadap jenazah Jobs, dan di kolom pekerjaan dia disebut sebagai pengusaha. Dalam surat keterangan yang dirilis kantor koroner setempat, disebutkan bahwa penyebab kematian pria kelahiran 24 Februari 1955 ini adalah gagal napas, dengan tumor neuroendoctrine pancreas metastasis sebagai kondisi yang menyebabkan masalah pernapasan.

Apple sendiri berencana menggelar tribute untuk Jobs pada 19 Oktober atau dua pekan setelah kematiannya, dalam sebuah upacara pribadi yang akan digelar di ampiteater terbuka di markas perusahaan itu di Cupertino, California. “Kami merencanakan perayaan bagi kehidupan luar biasa Jobs untuk para karyawan Apple yang segera dilaksanakan,” papar CEO Apple Tim Cook dalam pernyataan yang dirilis pada hari Jobs meninggal, dikutip AFP.

Apple belum mengindikasikan rencana untuk membuka memorial umum bagi Jobs. Akan tetapi, banyak orang telah memberikan penghormatan kepadanya berupa bunga, lilin, pesan, dan sebagainya di luar rumahnya,markas perusahaan, dan toko-toko ritel Apple di seluruh dunia. Gerakan internet untuk Hari Steve Jobs pada 14 Oktober dikembangkan di internet dan telah diperbesar oleh kampanye yang mendorong orangorang agar mengenakan pakaian hitam sebagai tanda penghormatan.

Jobs dikenal atas busana khasnya, kaus turtleneck hitam,jins biru, dan sepatu sneakers. Kepergian Jobs tak dimungkiri menghadirkan duka mendalam di seluruh dunia, terutama bagi para pengguna produkproduk Apple.Lewat beragam produknya, iPhone, iPad, iPod, iMac dan iTunes, Jobs melakukan revolusi dan inovasi dalam teknologi komputer dan gadget yangmengubahgaya hidupjutaan orang di muka bumi.Wajar jika kepergian maestro teknologi ini lantas diistilahkan oleh dunia dengan iSad.

Di sisi lain,Apple memaparkan bahwa pre-order untuk model baru iPhone 4 mencapai satu juta unit hanya dalam waktu 24 jam setelah dirilis pada Jumat (7/10).Order untuk iPhone 4S, yang disebut lebih cepat daripada pendahulunya dengan kemampuan video dan foto yang lebih baik,mencatat rekor bagi sebuah produk Apple.

“Hari pertama pre-order iPhone 4S menjadi yang paling banyak bagi produk baru yang pernah diluncurkan Apple,” ujar Philip Schiller, wakil presiden senior Apple. iPhone 4S dirilis pada 4 Oktober, satu hari sebelum Jobs meninggal. Pria yang meninggal pada usia 56 tahun ini sebelumnya berjuang melawan kanker sejak operasi pada 2004.Namun, kesehatannya terus menurun dan pada Agustus lalu dia memutuskan mundur sebagai CEO Apple. alvin  

No comments:

Post a Comment