Serupa tapi tak sama. Barangkali ungkapan ini tepat untuk
menggambarkan Islam dan kelompok Syi’ah. Secara fisik, memang sulit
dibedakan antara penganut Islam dengan Syi’ah. Namun jika ditelusuri
-terutama dari sisi aqidah- perbedaan di antara keduanya ibarat minyak
dan air. Sehingga, tidak mungkin disatukan.
Apa Itu Syi’ah?
Syi’ah menurut etimologi bahasa Arab bermakna: pembela dan pengikut
seseorang. Selain itu juga bermakna: Setiap kaum yang berkumpul di atas
suatu perkara. (Tahdzibul Lughah, 3/61, karya Azhari dan Tajul Arus,
5/405, karya Az-Zabidi. Dinukil dari kitab Firaq Mu’ashirah, 1/31, karya
Dr. Ghalib bin ‘Ali Al-Awaji)
Adapun menurut terminologi syariat bermakna: Mereka yang menyatakan
bahwa Ali bin Abu Thalib lebih utama dari seluruh shahabat dan lebih
berhak untuk memegang tampuk kepemimpinan kaum muslimin, demikian pula
anak cucu sepeninggal beliau. (Al-Fishal Fil Milali Wal Ahwa Wan Nihal,
2/113, karya Ibnu Hazm)
Syi’ah, dalam sejarahnya mengalami beberapa pergeseran. Seiring dengan
bergulirnya waktu, kelompok ini terpecah menjadi lima sekte yaitu
Kaisaniyyah, Imamiyyah (Rafidhah), Zaidiyyah, Ghulat, dan Isma’iliyyah.
Dari kelimanya, lahir sekian banyak cabang-cabangnya. (Al-Milal Wan
Nihal, hal. 147, karya Asy-Syihristani)
Dan tampaknya yang terpenting untuk diangkat pada edisi kali ini adalah
sekte Imamiyyah atau Rafidhah, yang sejak dahulu hingga kini berjuang
keras untuk menghancurkan Islam dan kaum muslimin. Dengan segala cara,
kelompok sempalan ini terus menerus menebarkan berbagai macam
kesesatannya. Terlebih lagi kini didukung dengan negara Iran-nya.
Rafidhah , diambil dari yang menurut etimologi bahasa Arab bermakna ,
meninggalkan (Al-Qamus Al-Muhith, hal. 829). Sedangkan dalam terminologi
syariat bermakna: Mereka yang menolak imamah (kepemimpinan) Abu Bakr
dan ‘Umar c, berlepas diri dari keduanya, dan mencela lagi menghina para
shahabat Nabi . (Badzlul Majhud fi Itsbati Musyabahatir Rafidhati lil
Yahud, 1/85, karya Abdullah Al-Jumaili)
Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkata: “Aku telah bertanya kepada
ayahku, siapa Rafidhah itu? Maka beliau menjawab: ‘Mereka adalah
orang-orang yang mencela Abu Bakr dan ‘Umar’.” (Ash-Sharimul Maslul ‘Ala
Syatimir Rasul hal. 567, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah)
Sebutan “Rafidhah” ini erat kaitannya dengan Zaid bin ‘Ali bin Husain
bin ‘Ali bin Abu Thalib dan para pengikutnya ketika memberontak kepada
Hisyam bin Abdul Malik bin Marwan di tahun 121 H. (Badzlul Majhud, 1/86)
Asy-Syaikh Abul Hasan Al-Asy’ari berkata: “Zaid bin ‘Ali adalah seorang
yang melebihkan ‘Ali bin Abu Thalib atas seluruh shahabat Rasulullah,
mencintai Abu Bakr dan ‘Umar, dan memandang bolehnya memberontak1
terhadap para pemimpin yang jahat. Maka ketika ia muncul di Kufah, di
tengah-tengah para pengikut yang membai’atnya, ia mendengar dari
sebagian mereka celaan terhadap Abu Bakr dan ‘Umar. Ia pun
mengingkarinya, hingga akhirnya mereka (para pengikutnya)
meninggalkannya. Maka ia katakan kepada mereka:
“Kalian tinggalkan aku?” Maka dikatakanlah bahwa penamaan
mereka dengan Rafidhah dikarenakan perkataan Zaid kepada mereka
“Rafadhtumuunii.” (Maqalatul Islamiyyin, 1/137). Demikian pula yang
dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Majmu’ Fatawa
(13/36).
Rafidhah pasti Syi’ah, sedangkan Syi’ah belum tentu Rafidhah. Karena
tidak semua Syi’ah membenci Abu Bakr dan ‘Umar sebagaimana keadaan
Syi’ah Zaidiyyah.
Rafidhah ini terpecah menjadi beberapa cabang, namun yang lebih
ditonjolkan dalam pembahasan kali ini adalah Al-Itsna ‘Asyariyyah.
Siapakah Pencetusnya?
Pencetus pertama bagi faham Syi’ah Rafidhah ini adalah seorang Yahudi
dari negeri Yaman (Shan’a) yang bernama Abdullah bin Saba’ Al-Himyari,
yang menampakkan keislaman di masa kekhalifahan ‘Utsman bin Affan.2
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Asal Ar-Rafdh ini dari munafiqin
dan zanadiqah (orang-orang yang menampakkan keislaman dan
menyembunyikan kekafiran, pen). Pencetusnya adalah Abdullah bin Saba’
Az-Zindiq. Ia tampakkan sikap ekstrim di dalam memuliakan ‘Ali, dengan
suatu slogan bahwa ‘Ali yang berhak menjadi imam (khalifah) dan ia
adalah seorang yang ma’shum (terjaga dari segala dosa, pen).” (Majmu’
Fatawa, 4/435)
Sesatkah Syi’ah Rafidhah ?
Berikut ini akan dipaparkan prinsip (aqidah) mereka dari kitab-kitab
mereka yang ternama, untuk kemudian para pembaca bisa menilai sejauh
mana kesesatan mereka.
a. Tentang Al Qur’an
Di dalam kitab Al-Kaafi (yang kedudukannya di sisi mereka seperti Shahih
Al-Bukhari di sisi kaum muslimin), karya Abu Ja’far Muhammad bin Ya’qub
Al-Kulaini (2/634), dari Abu Abdullah (Ja’far Ash-Shadiq), ia berkata :
“Sesungguhnya Al Qur’an yang dibawa Jibril kepada Muhammad (ada)
17.000 ayat.”
Di dalam Juz 1, hal 239-240, dari Abu Abdillah ia berkata:
“…Sesungguhnya di sisi kami ada mushaf Fathimah ‘alaihas salam, mereka
tidak tahu apa mushaf Fathimah itu. Abu Bashir berkata: ‘Apa mushaf
Fathimah itu?’ Ia (Abu Abdillah) berkata: ‘Mushaf 3 kali lipat dari apa
yang terdapat di dalam mushaf kalian. Demi Allah, tidak ada padanya satu
huruf pun dari Al Qur’an kalian…’.”
(Dinukil dari kitab Asy-Syi’ah Wal Qur’an, hal. 31-32, karya Ihsan Ilahi Dzahir).
Bahkan salah seorang “ahli hadits” mereka yang bernama Husain bin
Muhammad At-Taqi An-Nuri Ath-Thabrisi telah mengumpulkan sekian banyak
riwayat dari para imam mereka yang ma’shum (menurut mereka), di dalam
kitabnya Fashlul Khithab Fii Itsbati Tahrifi Kitabi Rabbil Arbab, yang
menjelaskan bahwa Al Qur’an yang ada ini telah mengalami perubahan dan
penyimpangan.
b. Tentang shahabat Rasulullah
Diriwayatkan oleh Imam Al-Jarh Wat Ta’dil mereka (Al-Kisysyi) di dalam
kitabnya Rijalul Kisysyi (hal. 12-13) dari Abu Ja’far (Muhammad
Al-Baqir) bahwa ia berkata: “Manusia (para shahabat) sepeninggal Nabi,
dalam keadaan murtad kecuali tiga orang,” maka aku (rawi) berkata:
“Siapa tiga orang itu?” Ia (Abu Ja’far) berkata: “Al-Miqdad bin
Al-Aswad, Abu Dzar Al-Ghifari, dan Salman Al-Farisi…” kemudian
menyebutkan surat Ali Imran ayat 144. (Dinukil dari Asy-Syi’ah
Al-Imamiyyah Al-Itsna ‘Asyariyyah Fi Mizanil Islam, hal. 89)
Ahli hadits mereka, Muhammad bin Ya’qub Al-Kulaini berkata: “Manusia
(para shahabat) sepeninggal Nabi dalam keadaan murtad kecuali tiga
orang: Al-Miqdad bin Al-Aswad, Abu Dzar Al-Ghifari, dan Salman
Al-Farisi.” (Al-Kafi, 8/248, dinukil dari Asy-Syi’ah Wa Ahlil Bait, hal.
45, karya Ihsan Ilahi Dzahir)
Demikian pula yang dinyatakan oleh Muhammad Baqir Al-Husaini Al-Majlisi
di dalam kitabnya Hayatul Qulub, 3/640. (Lihat kitab Asy-Syi’ah Wa Ahlil
Bait, hal. 46)
Adapun shahabat Abu Bakr dan ‘Umar, dua manusia terbaik setelah
Rasulullah , mereka cela dan laknat. Bahkan berlepas diri dari keduanya
merupakan bagian dari prinsip agama mereka. Oleh karena itu, didapati
dalam kitab bimbingan do’a mereka (Miftahul Jinan, hal. 114), wirid
laknat untuk keduanya:
Ya Allah, semoga shalawat selalu tercurahkan kepada Muhammad
dan keluarganya, laknatlah kedua berhala Quraisy (Abu Bakr dan Umar),
setan dan thaghut keduanya, serta kedua putri mereka…(yang dimaksud
dengan kedua putri mereka adalah Ummul Mukminin ‘Aisyah dan Hafshah)
(Dinukil dari kitab Al-Khuthuth Al-‘Aridhah, hal. 18, karya As-Sayyid Muhibbuddin Al-Khatib)
Mereka juga berkeyakinan bahwa Abu Lu’lu’ Al-Majusi, si pembunuh Amirul
Mukminin ‘Umar bin Al-Khaththab, adalah seorang pahlawan yang bergelar
“Baba Syuja’uddin” (seorang pemberani dalam membela agama). Dan hari
kematian ‘Umar dijadikan sebagai hari “Iedul Akbar”, hari kebanggaan,
hari kemuliaan dan kesucian, hari barakah, serta hari suka ria.
(Al-Khuthuth Al-‘Aridhah, hal. 18)
Adapun ‘Aisyah dan para istri Rasulullah lainnya, mereka yakini
sebagai pelacur -na’udzu billah min dzalik-. Sebagaimana yang terdapat
dalam kitab mereka Ikhtiyar Ma’rifatir Rijal (hal. 57-60) karya
Ath-Thusi, dengan menukilkan (secara dusta) perkataan shahabat Abdullah
bin ‘Abbas terhadap ‘Aisyah: “Kamu tidak lain hanyalah seorang pelacur
dari sembilan pelacur yang ditinggalkan oleh Rasulullah…” (Dinukil dari
kitab Daf’ul Kadzibil Mubin Al-Muftara Minarrafidhati ‘ala Ummahatil
Mukminin, hal. 11, karya Dr. Abdul Qadir Muhammad ‘Atha)
Demikianlah, betapa keji dan kotornya mulut mereka. Oleh karena itu,
Al-Imam Malik bin Anas berkata: “Mereka itu adalah suatu kaum yang
berambisi untuk menghabisi Nabi namun tidak mampu. Maka akhirnya
mereka cela para shahabatnya agar kemudian dikatakan bahwa ia (Nabi
Muhammad ) adalah seorang yang jahat, karena kalau memang ia orang
shalih, niscaya para shahabatnya adalah orang-orang shalih.”
(Ash-Sharimul Maslul ‘ala Syatimirrasul, hal. 580)
c. Tentang Imamah (Kepemimpinan Umat)
Imamah menurut mereka merupakan rukun Islam yang paling utama3.
Diriwayatkan dari Al-Kulaini dalam Al-Kaafi (2/18) dari Zurarah dari Abu
Ja’far, ia berkata: “Islam dibangun di atas lima perkara:… shalat,
zakat, haji, shaum dan wilayah (imamah)…” Zurarah berkata: “Aku katakan,
mana yang paling utama?” Ia berkata: “Yang paling utama adalah
wilayah.” (Dinukil dari Badzlul Majhud, 1/174)
Imamah ini (menurut mereka -red) adalah hak ‘Ali bin Abu Thalib dan
keturunannya sesuai dengan nash wasiat Rasulullah . Adapun selain
mereka (Ahlul Bait) yang telah memimpin kaum muslimin dari Abu Bakr,
‘Umar dan yang sesudah mereka hingga hari ini, walaupun telah berjuang
untuk Islam, menyebarkan dakwah dan meninggikan kalimatullah di muka
bumi, serta memperluas dunia Islam, maka sesungguhnya mereka hingga hari
kiamat adalah para perampas (kekuasaan). (Lihat Al-Khuthuth
Al-‘Aridhah, hal. 16-17)
Mereka pun berkeyakinan bahwa para imam ini ma’shum (terjaga dari segala
dosa) dan mengetahui hal-hal yang ghaib. Al-Khumaini (Khomeini)
berkata: “Kami bangga bahwa para imam kami adalah para imam yang
ma’shum, mulai ‘Ali bin Abu Thalib hingga Penyelamat Umat manusia
Al-Imam Al-Mahdi, sang penguasa zaman -baginya dan bagi nenek moyangnya
beribu-ribu penghormatan dan salam- yang dengan kehendak Allah Yang Maha
Kuasa, ia hidup (pada saat ini) seraya mengawasi perkara-perkara yang
ada.” (Al-Washiyyah Al-Ilahiyyah, hal. 5, dinukil dari Firaq Mu’ashirah,
1/192)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitabnya Minhajus Sunnah,
benar-benar secara rinci membantah satu persatu kesesatan-kesesatan
mereka, terkhusus masalah imamah yang selalu mereka tonjolkan ini.
d. Tentang Taqiyyah
Taqiyyah adalah berkata atau berbuat sesuatu yang berbeda dengan
keyakinan, dalam rangka nifaq, dusta, dan menipu umat manusia. (Lihat
Firaq Mu’ashirah, 1/195 dan Asy-Syi’ah Al-Itsna ‘Asyariyyah, hal. 80)
Mereka berkeyakinan bahwa taqiyyah ini bagian dari agama. Bahkan
sembilan per sepuluh agama. Al-Kulaini meriwayatkan dalam Al-Kaafi
(2/175) dari Abu Abdillah, ia berkata kepada Abu Umar Al-A’jami: “Wahai
Abu ‘Umar, sesungguhnya sembilan per sepuluh dari agama ini adalah
taqiyyah, dan tidak ada agama bagi siapa saja yang tidak ber-taqiyyah.”
(Dinukil dari Firaq Mu’ashirah, 1/196). Oleh karena itu Al-Imam Malik
ketika ditanya tentang mereka beliau berkata: “Jangan kamu berbincang
dengan mereka dan jangan pula meriwayatkan dari mereka, karena sungguh
mereka itu selalu berdusta.” Demikian pula Al-Imam Asy-Syafi’i berkata:
“Aku belum pernah tahu ada yang melebihi Rafidhah dalam persaksian
palsu.” (Mizanul I’tidal, 2/27-28, karya Al-Imam Adz-Dzahabi)
e. Tentang Raj’ah
Raj’ah adalah keyakinan hidupnya kembali orang yang telah meninggal.
‘Ahli tafsir’ mereka, Al-Qummi ketika menafsirkan surat An-Nahl ayat 85,
berkata: “Yang dimaksud dengan ayat tersebut adalah raj’ah, kemudian
menukil dari Husain bin ‘Ali bahwa ia berkata tentang ayat ini: ‘Nabi
kalian dan Amirul Mukminin (‘Ali bin Abu Thalib) serta para imam
‘alaihimus salam akan kembali kepada kalian’.” (Dinukil dari kitab
Atsarut Tasyayyu’ ‘Alar Riwayatit Tarikhiyyah, hal. 32, karya Dr. Abdul
‘Aziz Nurwali)
f. Tentang Al-Bada’
Al-Bada’ adalah mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui.
Mereka berkeyakinan bahwa Al-Bada’ ini terjadi pada Allah . Bahkan
mereka berlebihan dalam hal ini. Al-Kulaini dalam Al-Kaafi (1/111),
meriwayatkan dari Abu Abdullah (ia berkata): “Tidak ada pengagungan
kepada Allah yang melebihi Al-Bada’.” (Dinukil dari Firaq Mu’ashirah,
1/252). Suatu keyakinan kafir yang sebelumnya diyakini oleh Yahudi4.
Demikianlah beberapa dari sekian banyak prinsip Syi’ah Rafidhah, yang
darinya saja sudah sangat jelas kesesatan dan penyimpangannya. Namun
sayang, tanpa rasa malu Al-Khumaini (Khomeini) berkata: “Sesungguhnya
dengan penuh keberanian aku katakan bahwa jutaan masyarakat Iran di masa
sekarang lebih utama dari masyarakat Hijaz (Makkah dan Madinah, pen) di
masa Rasulullah , dan lebih utama dari masyarakat Kufah dan Iraq di
masa Amirul Mukminin (‘Ali bin Abu Thalib) dan Husein bin ‘Ali.”
(Al-Washiyyah Al-Ilahiyyah, hal. 16, dinukil dari Firaq Mu’ashirah, hal.
192)
Perkataan Ulama tentang Syi’ah Rafidhah
Asy-Syaikh Dr. Ibrahim Ar-Ruhaili di dalam kitabnya Al-Intishar Lish
Shahbi Wal Aal (hal. 100-153) menukilkan sekian banyak perkataan para
ulama tentang mereka. Namun dikarenakan sangat sempitnya ruang rubrik
ini, maka hanya bisa ternukil sebagiannya saja.
1. Al-Imam ‘Amir Asy-Sya’bi berkata: “Aku tidak pernah melihat kaum yang
lebih dungu dari Syi’ah.” (As-Sunnah, 2/549, karya Abdullah bin Al-Imam
Ahmad)
2. Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri ketika ditanya tentang seorang yang mencela
Abu Bakr dan ‘Umar, beliau berkata: “Ia telah kafir kepada Allah.”
Kemudian ditanya: “Apakah kita menshalatinya (bila meninggal dunia)?”
Beliau berkata: “Tidak, tiada kehormatan (baginya)….” (Siyar A’lamin
Nubala, 7/253)
3. Al-Imam Malik dan Al-Imam Asy-Syafi’i, telah disebut di atas.
4. Al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Aku tidak melihat dia (orang yang
mencela Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Aisyah) itu orang Islam.” (As-Sunnah,
1/493, karya Al-Khallal)
5. Al-Imam Al-Bukhari berkata: “Bagiku sama saja apakah aku shalat di
belakang Jahmi, dan Rafidhi atau di belakang Yahudi dan Nashara (yakni
sama-sama tidak boleh -red). Mereka tidak boleh diberi salam, tidak
dikunjungi ketika sakit, tidak dinikahkan, tidak dijadikan saksi, dan
tidak dimakan sembelihan mereka.” (Khalqu Af’alil ‘Ibad, hal. 125)
6. Al-Imam Abu Zur’ah Ar-Razi berkata: “Jika engkau melihat orang yang
mencela salah satu dari shahabat Rasulullah , maka ketahuilah bahwa ia
seorang zindiq. Yang demikian itu karena Rasul bagi kita haq, dan Al
Qur’an haq, dan sesungguhnya yang menyampaikan Al Qur’an dan As Sunnah
adalah para shahabat Rasulullah . Sungguh mereka mencela para saksi
kita (para shahabat) dengan tujuan untuk meniadakan Al Qur’an dan As
Sunnah. Mereka (Rafidhah) lebih pantas untuk dicela dan mereka adalah
zanadiqah.” (Al-Kifayah, hal. 49, karya Al-Khathib Al-Baghdadi)
Demikianlah selayang pandang tentang Syi’ah Rafidhah, mudah-mudahan bisa
menjadi pelita dalam kegelapan dan embun penyejuk bagi pencari
kebenaran…Amin.
Penulis: Al-Ustadz Ruwaifi’ bin Sulaimi Al-Atsari, Lc
Syariah, Manhaji, 12 – Februari – 2004, 01:05:04
http://www.asysyariah.com/print.php?id_online=142
No comments:
Post a Comment