Saturday 17 September 2011

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung umumnya terbagi menjadi dua yakni jantung turunan atau jantung didapat, penyakit jantung yang disebabkan faktor resiko seperti kegemukan, gula tinggi, tekanan darah dan lain-lain.

Kedua penyakit ini, khususnya jantung didapat dapat dihindari dengan memperkuat kesadaran untuk hidup lebih sehat. Pakar Jantung Rumah Sakit Harapan Kita, Prof DR dr Budi Setyanto SpJP, mengatakan penyakit jantung berawal dari kemunculan faktor resiko seperti kegemukan, kadar kolesterol tinggi, diabetes, tinggi dan berat badan tidak ideal.

Faktor resiko itu merupakan akibat dari kurang diperhatikannya pola hidup sehat. "Kurang perhatian terhadap pola hidup sehat merupakan wujud dari tidak sayang diri sendiri, mungkin itulah asal muasalnya," papar Budi saat berbicara dalam acara peringatan Hari Jantung Sedunia yang digagas Yayasan Jantung Indonesia (YJI) di Jakarta, Kamis (15/9).

Karena itu, lanjut Budi, cara mudah untuk menghindari penyakit jantung dengan diawali menyayangi diri sendiri. Saat menyayangi diri sendiri maka dapat ditularkan dalam keluarga sehingga diharapkan mampu menularkan pada kerabat dan teman. Tujuan akhirnya, tentu menekan penyakit tersebut.

No comments:

Post a Comment